Beberapa Negara di Dunia yang penduduknya Paling Sedikit

Beberapa Negara di Dunia yang penduduknya Paling Sedikit

Beberapa Negara di Dunia yang penduduknya Paling Sedikit – Negara adalah organisasi kekuasaan yang berdaulat dengan tata pemerintahan yang melaksanakan tata tertib atas orang-orang di daerah tertentu. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independen.

Menjadi sebuah negara bukan berarti ia wajib memiliki jutaan penduduk yang menduduki suatu wilayah. Berdasarkan Dekralasi Montevideo 1933, terbentuknya suatu negara hanya memerlukan empat syarat, yakni penduduk yang permanen, sebuah wilayah, pemerintahan yang sah, dan kemampuan negara menjalin hubungan bersama negara lainnya.

Selama setiap negara di dunia dapat memenuhi seluruh ketentuan tersebut, maka sedikitnya jumlah penduduk tidak akan menjadi masalah. Meskipun begitu, terbentuknya suatu negara juga harus mendapat pengakuan internasional apabila memang ingin diakui secara resmi.

1. Vatikan
5 Negara Berpenduduk Terkecil di Dunia pada 2021

Sebagai rumah Paus Fransiskus, Vatikan merupakan negara dengan luas wilayah terkecil di dunia. Dideklarasikan sebagai negara di dalam Kota Roma yang terletak di Italia, Vatikan hanya memiliki luas wilayah 0.49 km2.

Dengan kecilnya teritori sehingga membatasi jumlah warga negara, Vatikan tercatat sebagai negara dengan populasi penduduk terkecil di dunia, yaitu sekitar 801 orang.

Walaupun tergolong negara kecil, Vatikan dengan Paus dan Katolik Roma berada di sampingnya, termasuk dalam daftar negara yang paling berpengaruh di dunia.

2. Nauru
5 Negara Berpenduduk Terkecil di Dunia pada 2021

Setelah Vatikan yang mendapat gelar negara dengan luas wilayah terkecil di dunia, Nauru juga menyandang nama sebagai negara kepulauan terkecil di dunia. Terletak di kawasan Asia Pasifik, Nauru hanya memiliki satu pulau kecil dengan luas kurang lebih 20 km2.

Terletak di lokasi terpencil membuat populasi Nauru juga tidak terlalu besar, yaitu hanya berada di kisaran 10.800 orang. Setelah lepas dari kekuasaan Inggris, Nauru pernah menjadi salah satu negara terkaya di dunia berkat tambang fosfat yang mereka miliki.

Namun, setelah eksploitasi penambangan berlebihan dan cadangan yang menipis, Nauru sekarang merupakan salah satu negara termiskin di dunia.

3. Tuvalu
5 Negara Berpenduduk Terkecil di Dunia pada 2021

Masih di kawasan Asia Pasifik, Tuvalu yang merupakan anggota Persemakmuran Inggris, menjadi negara ketiga dengan jumlah penduduk paling sedikit di dunia. Setidaknya, hanya terdapat 11.900 orang yang tinggal atau bermukim di negara tersebut.

Hanya memiliki luas wilayah mencapai 30 km2, Tuvalu tidak jauh berbeda dari Nauru. Biasanya, Tuvalu mengandalkan destinasi wisatanya sebagai pemasukan utama, namun dalam beberapa tahun terakhir, terjadi penurunan wisatawan asing ke negara tersebut.

4. Palau
5 Negara Berpenduduk Terkecil di Dunia pada 2021

Berlanjut di Asia Pasifik, Negara Palau memasuki posisi keempat di dunia dan  ketiga di kawasan Oceania, sebagai negara dengan penduduk terkecil. Memiliki sekitar 500 pulau, negara ini memiliki luas wilayah 450 km2.

Meskipun terlihat cukup luas dibandingkan dengan negara-negara sebelumnya, namun populasi di Palau hanya mencapai 18.169 orang dengan kepadatan penduduk 39 km2.

Sama seperti negara kepulauan kecil di Asia Pasifik pada umumnya, Palau mengandalkan destinasi pariwisata sebagai pemasukan utama, tapi juga mengekspor hasil budidaya lautnya.

5. San Marino
5 Negara Berpenduduk Terkecil di Dunia pada 2021

Kembali ke Benua Eropa, ternyata Italia masih memiliki sebuah negara kecil di negaranya. Negara San Marino yang berdiri sejak berabad-abad lalu, berlokasi di timur laut Italia dengan luas wilayah 60 km2.

Meskipun terlihat kecil, San Marino masih memiliki jumlah penduduk lebih dari 20 ribu, yaitu 34,017 orang. Perekonomian San Marino ditopang industri perbankan, keramik, dan elektronik. Mereka aktif mengekspor hasil industrinya ke berbagai negara Eropa.

Tidak hanya itu, sektor industri yang menopang 22 persen PDB San Marino adalah pariwisata, sebagaimana negara tersebut sering menjadi destinasi wisata bagi wisatawan asing, secara khusus pelaksanaan Grand Prix MotoGP dan F1.

Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, memiliki wilayah,[2] dan memiliki pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan syarat sekundernya adalah mendapat pengakuan dari negara lain.

Negara terluas di dunia adalah Rusia, sedangkan yang populasinya terbanyak adalah Tiongkok. Negara yang terbaru adalah Sudan Selatan yang baru memperoleh kemerdekaannya pada tahun 2011.