Ditemukan Dokumen rahasia Milik Kemenhan Inggris di Halte Bus

Ditemukan Dokumen rahasia Milik Kemenhan Inggris di Halte Bus

Ditemukan Dokumen rahasia Milik Kemenhan Inggris di Halte Bus – Berkas Kementerian Pertahanan Inggris berklasifikasi ”official sensitive” tercecer di sebuah halte bus di Kent, Inggris, pekan lalu. Dokumen sebanyak 50 lembar tersebut berisi informasi tentang rencana Inggris terkait dengan Ukraina dan Afghanistan.

Kantor berita Inggris, BBC, menerima laporan keberadaan dokumen itu di halte bus pada Selasa (22/6/2021).  BBC meyakini, dokumen itu berasal dari kantor salah satu pejabat tinggi Kementerian Pertahanan (kemhan) Inggris. Oleh warga yang menemukannya, dokumen dikembalikan ke kantor Kemhan Inggris.

Kantor berita Inggris, BBC melaporkan bahwa dokumen rahasia dari Kementerian Pertahanan Inggris ditemukan di Poker77 Indonesia sebuah halte bus.  Dokumen itu berisi rincian tentang kapal perang Inggris dan kemungkinan reaksi Rusia terhadap perjalanan kapal itu melalui Laut Hitam.

Dokumen Rahasia

Dokumen Rahasia Negara Ditemukan Di Lemari Arsip Lama - rmolbengkulu.com

BBC mengatakan, dokumen yang hampir setebal 50 halaman itu, ditemukan di tumpukan basah di belakang halte bus di Kent oleh seorang anggota masyarakat, yang menolak disebutkan namanya. Kementerian Pertahanan mengatakan telah diberitahu minggu lalu tentang sebuah insiden di mana dokumen sensitif ditemukan oleh anggota masyarakat.

“Karyawan yang bersangkutan melaporkan kehilangan pada saat itu. Tidak pantas untuk berkomentar lebih lanjut,” sambungnya, seperti dilansir Reuters pada Minggu (27/6/2021).

Kapal Perang Inggris 

Inggris Kirim Kapal Induk, Bergabung Amerika Serikat di Laut China Selatan  untuk Imbangi Tiongkok - Portal Jember

Menurut laporan BBC, dokumen itu termasuk email dan presentasi PowerPoint, terkait dengan kapal perang Inggris, Defender, yang berlayar melalui perairan semenanjung Crimea.

Dalam laporannya, BBC menuturkan bahwa dokumen tersebut menyarankan misi kapal itu dilakukan dengan harapan bahwa Rusia mungkin merespons secara agresif.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan satu kapal patroli melepaskan tembakan peringatan dan satu pesawat jet menjatuhkan bom di jalur perlintasan HMS Defender. Namun, pemerintah Inggris membantah keterangan itu, menepis pernyataan bahwa ada tembakan peringatan yang dilepaskan.

HMS Defender berlayar dekat Krimea

Ketegangan Meningkat, Rusia Tantang Inggris dan AS Kirim Pasukan AL ke Laut  Hitam - Isu Bogor

Sebagaimana diperlihatkan dalam dokumen-dokumen yang ditemukan di halte bus, misi “Op Ditroite” menjadi topik pembahasan oleh para petinggi, tiga hari sebelum HMS Defender melintas. Sejumlah pejabat melontarkan spekulasi-spekulasi mengenai apa reaksi Rusia jika HMS Defender berlayar dekat Krimea.

“Apa yang kita pahami tentang kemungkinan ‘pesta penyambutan’…?” tanya seorang pejabat di Markas Gabungan Permanen (PJHQ), yang merupakan markas ketiga matra militer Inggris.

Interaksi Mediterania timur

Dokumen rahasia Kementerian Pertahanan Inggris teronggok di halte bus,  bahas rute kapal perang - BBC News Indonesia

Interaksi baru-baru ini di Mediterania timur antara pasukan Rusia dan kelompok pengiring kapal induk HMS Queen Elizabeth biasa-biasa saja dan “sesuai dengan ekspektasi”, sebut dokumen itu.

Namun, para pejabat tahu bahwa hal ini bakal berubah.

“Menyusul transisi dari aktivitas pertahanan ke aktivitas operasional, sangat mungkin interaksi RFN (Angkatan Laut Rusia) dan VKS (Angkatan Udara Rusia) akan menjadi lebih sering dan asertif,” demikian bunyi presentasi dalam dokumen Kemenhan Inggris.