Gunung Api Sinabung Menyemburkan Asap Kawah Berwarna Putih

Gunung Api Sinabung Menyemburkan Asap Kawah Berwarna Putih

Gunung Api Sinabung Menyemburkan Asap Kawah Berwarna Putih

Gunung Api Sinabung Menyemburkan Asap Kawah Berwarna Putih – Gunung Sinabung adalah gunung api di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo,  Sumatra Utara, Indonesia. Sinabung bersama Gunung Sibayak di dekatnya adalah dua gunung berapi aktif di Sumatra Utara dan menjadi puncak tertinggi ke 2 di provinsi itu. Ketinggian gunung ini adalah 2.460 meter.

Gunung ini tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600, tetapi mendadak aktif kembali dengan meletus pada tanggal 27 Agustus 2010. Gunung Api Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

Gunung Api Sinabung menyemburkan asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 100-300 meter dari puncak. Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), peristiwa ini terjadi pada Sabtu (8/1/2022) dini hari pukul 00.00-06.00 WIB.

Cuaca di Gunung Sinabung cerah hingga berawan
Gunung Sinabung Semburkan Asap Putih Setinggi 300 Meter

PVMBG juga melaporkan cuaca di Gunung Sinabung cerah hingga berawan, dengan angin lemah ke arah timur laut, timur, dan barat. Sementara suhu udara sekitar 16,5 sampai 18 derajat celcius.

PVMBG imbau masyarakat tidak mendekat
Gunung Sinabung Semburkan Asap Putih Setinggi 300 Meter

Dengan adanya peristiwa itu, PVMBG mengimbau masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi atau di lokasi dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

“Serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara dan barat,” ujar PVMBG. Sementara, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Pakai masker dan mengamankan sarana air bersih
Satgas Covid-19: Kepatuhan Masyarakat Memakai Masker Menurun Sepanjang  November - Tribunnews.com Mobile

PVMBG juga mengimbau masyarakat untuk memakai masker bila keluar rumah, untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik jika terjadi hujan abu. “Masyarakat juga harus mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh,” tulis PVMBG.

Gunung Sinabung kembali erupsi pada Selasa 02 Maret 2021. Erupsi terjadi dari pukul 06.42 hingga 08.20 WIB. Tinggi kolom abu lebih dari 5.000 meter, angin lemah ke arah barat-barat daya. Selain itu material awan panas  mencapai Sungai Lau Borus di sektor tenggara timur. Saat ini status Gunung Sinabung masih berada pada level III atau Siaga. Masyarakat diingatkan agar menjauhi zona merah Gunung Sinabung.

Pos gunung sinabung meminta masyarakat agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.