Kecelakaan Bus Transjakarta Terjadi Dijalan Jendral Sudirman

Kecelakaan Bus Transjakarta Terjadi Dijalan Jendral Sudirman

Kecelakaan Bus Transjakarta Terjadi Dijalan Jendral Sudirman – TransJakarta adalah sistem bus rapid transit (BRT) di Jakarta, Indonesia. Sistem BRT pertama di Asia Tenggara, mulai beroperasi pada 15 Januari 2004 untuk menyediakan sistem transportasi umum yang cepat untuk membantu mengurangi lalu lintas pada jam-jam sibuk. Kecelakaan Bus Transjakarta kembali terjadi di Jalan Jendral Sudirman, tepatnya arah Utara di Gepan Gedung Ratu Plaza, Jakarta Selatan, Jumat (3/12/2012) pukul 11.50 WIB.

Sistem ini dianggap sebagai moda angkutan umum revolusioner pertama di ibu kota Indonesia. Bus beroperasi di jalur khusus, dan harga tiket disubsidi oleh pemerintah daerah. Dalam video yang beredar di media sosial, terlihat bus menabrak pembatas atau separator busway.

TransJakarta memiliki sistem BRT terpanjang di dunia (panjang 251,2 km),[6][2] yang mengoperasikan sekitar 4.300 bus. Per Februari 2020, Kecelakaan ini dikonfirmasi oleh Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono. “Patut diduga pengemudi kendaraan Bus Transjakarta NRKB B-7277-TGC kurang hati-hati dan konsentrasi,” ujar Argo lewat keterangan tertulisnya, Jumat (3/12/2021).

1. Sopir diduga hilang konsentrasi
Kronologi Bus Transjakarta Tabrak Separator di Sudirman

Argo menjelaskan pada saat terjadinya kecelakaan, bus yang dikemudikan oleh DS melaju dari arah Selatan menuju arah Utara di Jalan Jenderal Sudirman Wilayah Jakarta Selatan. Sesampainya di depan Gedung Ratu Plaza, diduga kurang hati-hati dan konsentrasi sehingga oleng ke kiri.

“Kemudian kendaraan bus Transjakarta menabrak pembatas jalur busway (Sparator Busway),” ujar Argo.

2. Kecelakaan Transjakarta di Sudirman nihil korban
Kronologi Bus Transjakarta Tabrak Separator di Sudirman

Akibat dari kecelakaan tersebut, kendaraan dan pembatas jalur busway mengalami kerusakan. Namun, argo memastikan tak ada korban jiwa.

“Korban jiwa nihil, kendaraan bus Transjakarta NRKB B-7277-TGC mengalami kerusakan pada bodi depan bawah ringsek,” ujarnya.

3. Bus Transjakarta tabrak pos polisi di Cililitan
Kronologi Bus Transjakarta Tabrak Separator di Sudirman

Sebelumnya sebuah Bus Transjakarta menabrak Pos Polisi Lalu Lintas (Lantas) PGC Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (2/12/2021) pukul 13.23 WIB. Argo mengungkapkan satu orang terluka dalam kejadian tersebut.

“Sementara ada satu korban luka, informasinya satu sekuriti TJ (Transjakarta). Kalau dalam pos polisi tidak ada korban dari petugas,” kata Argo.