Layanan Whatsapp dan Instagram Sempat Mengalami Down

Layanan Whatsapp dan Instagram Sempat Mengalami Down

Layanan Whatsapp dan Instagram Sempat Mengalami Down – Tiga sosial media dan aplikasi chat yakni Facebook, Whatsapp, dan Instagram mengalami putus koneksi alias down secara berbarengan pada Senin (4/10/2021) sejak pukul 22.30 WIB. Koneksi down ini telah terjadi lebih dari 1 jam bahkan hampir 2 jam dan belum pulih kembali hingga berita ini diturunkan.

Uniknya, ketiga aplikasi ini mengumumkan permintaan maaf dan penjelasan mengenai koneksi down ini melalui sosial media Twitter. Ketiganya juga mengatakan sedang bekerja untuk menyelesaikan masalah koneksi down ini.

Dalam cuitan di akun resmi milik Twitter sekitar Selasa (5/10/2021) dini hari, mereka menyapa seluruh warganet di dunia. Namun, ada yang unik dalam sapaan tersebut, yang seakan-seakan menyindir Instagram dan Facebook.

1. Pemilik Twitter juga sindir Facebook dan Instagram
Whatsapp dan Instagram Sempat Down, Twitter Menyindir

Tidak ketinggalan, pemilik Twitter, Jack Dorsey, juga menyindir Facebook dan Instagram di Twitter mereka. Ketika ada akun yang menyebut bahwa domain Facebook tengah dijual, Jack menyambar dengan mempertanyakan harga jual media sosial itu.

“Berapa harganya?” cuit Jack.

Tidak cuma itu, dia juga menyindir Facebook dan Instagram, setelah Edward Snowden mengajak orang-orang menggunakan aplikasi chat yang lebih privat. Dia menjawabnya dengan menyebut seperti ini.

“Signal itu WhatsUp,” cuit Jack.

2. Platform media sosial lain juga turut menyindir
Whatsapp dan Instagram Sempat Down, Twitter Menyindir

Signal, platform media sosial yang disebut-sebut Snowden, juga menyindir Facebook dan Instagram secara halus. Dalam akun Twitter-nya, mereka mengajak orang-orang untuk bergabung ke Signal, dan menyebut orang-orang masih bisa daftar ke platform mereka.

“Signal mengucapkan selamat datang kepada semua! Kami sadar seperti apa rasanya bekerja di bawah situasi seperti ini, dan mengucapkan juga semangat kepada para teknisi yang sedang memperbaiki layanan di platform lain (merujuk pada Facebook dan Instagram),” cuit Signal.

3. Instagram dan Whatsapp buka suara
Lumpuh! Pengumuman Resmi Kapan Facebook Instagram dan WhatsApp Kembali  Normal - Tribunpontianak.co.id

Sebelumnya, WhatsApp angkat bicara soal gangguan yang dialaminya, lewat akun Twitternya. Mereka mengaku sedang melakukan perbaikan atas gangguan terbesar sepanjang sejarah munculnya aplikasi ini.

“Kami menyadari beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp sekarang. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini secepat mungkin. Terima kasih atas kesabaran Anda!” tulis WhatsApp di akun Twitter-nya.

Instagram pun bertindak serupa. Mereka melayangkan permintaan maaf kepada seluruh pengguna atas gangguan ini.

“Instagram dan teman-temannya sedang mengalami masa sulit sekarang. Mungkin, Anda mengalami masalah menggunakan mereka. Dampingi kami ya, sekarang sedang diperbaiki!” cuit Instagram di akun Twitternya.