Menko Marves Meminta Agar Jam Kerja Buruh Diperketat

Menko Marves Meminta Agar Jam Kerja Buruh Diperketat

Menko Marves Meminta Agar Jam Kerja Buruh Diperketat – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi penyelenggaraan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim mobilitas masyarakat di hari ke-11 kebijakan PPKM Darurat Jawa-Bali menurun. Dia juga mengklaim sejumlah wilayah yang mulanya zona hitam kini berubah menjadi merah.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. “Untuk angka (mobilitas masyarakat) kita hari ini cukup bagus, kesembuhan semakin meningkat, artinya wilayah dengan Zona Hitam berubah ke Merah, Zona Merah menjadi Zona Kuning, nah itu cukup banyak hari ini, Dilansir dari idn poker.apk ” ujar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/7/2021).

1. Luhut usul jam kerja buruh diperketat

Luhut Usul Jam Kerja Buruh Diubah Selama PPKM Darurat, Jadi 15 Hari Sebulan  - WinNetNews.com

Luhut meminta kepada industri untuk memperketat jam kerja buruh. Hal itu dilakukan karena kawasan industri masih banyak yang masuk zona merah.

“Namun masih ada yang perlu menjadi perhatian, salah satunya para buruh yang di mana industri ini masih banyak merahnya. Kalau bisa saya usul jadwal kerja mereka diperketat,” katanya.

2. Luhut minta ada shift WFH untuk buruh
Masuk Zona Merah, Luhut Minta Jam Kerja Buruh Diperketat

Luhut kemudian meminta kepada Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah untuk menerapkan sehari bekerja di industri, sehari di rumah.

“Kalau seharusnya dia bekerja sebulan 30 hari, ini jadi 15 hari. Jadi sehari di rumah, sehari di tempat kerja. Ini juga pada prinsipnya untuk menghindari para pekerja/buruh tersebut ‘dirumahkan’,” ungkap Menko Luhut.

3. Mengatur jam makan siang
Kawasan Industri Zona Merah, Luhut Minta Jam Kerja Buruh Diperketat

Luhut kemudian meminta kepada Ida untuk mengatur jam makan siang bila buruh bekerja di tempat industri. Pengaturan itu dilakuakn agar tidak terjadi banyak kerumunan saat makan siang.

Selain itu, buruh yang masuk setiap harinya harus dibatasi, yakni 50 persen saja.

“Jadi jangan sampai mereka itu makan siang bersama-sama, menimbulkan kerumunan. Intinya jam makan diperhatikan, jangan sampai bertemu makan bareng. Saya serahkan ini ke Menaker Ida,” kata Luhut.