Menko Marves Sebut Omicron Baru Ditemukan di Wisma Atlet

Menko Marves Sebut Omicron Baru Ditemukan di Wisma Atlet

Menko Marves Sebut Omicron Baru Ditemukan di Wisma Atlet – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, pemerintah sudah mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian omicron di tengah masyarakat. Hal ini dilakukan pasca ditemukannya kasus pertama varian omicron di Tanah Air pada satu petugas kebersihan di Wisma Atlet, Jakarta, dan beberapa WNI dari luar negeri.

“Saya ulangi, omicron itu sampai saat ini baru terdapat di Wisma Atlet. Itu sudah di-contain, sudah di-lockdown oleh Menteri Kesehatan. Dan ada tiga peluang lagi di Manado. Sampai saat ini kita belum ditemukan kasus (omicron) di tengah masyarakat” seru Luhut dalam sesi teleconference, Senin (20/12).

“Sampai hari ini Omicron itu baru terdapat di Wisma Atlet. Itu sudah di lockdown oleh Menkes. Ada 3 peluang lagi di Manado. Sampai hari ini belum ditemukan di tengah masyarakat,” Dilansir dari daftar idn poker ujar Luhut dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (20/12/2021).

1. Luhut minta masyarakat untuk selalu patuhi instruksi Kemenkes
Luhut: Omicron Baru Ditemukan di Wisma Atlet

Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi (KPCPEN) ini meminta masyarakat untuk selalu patuh instruksi Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Saya imbau semua masyarakat. Semua kita politisi, tentara, polisi, masyarakat semua jangan ada yang memain-mainkan ini,” ucap Luhut.

2. Luhut klaim kasus COVID-19 di Indonesia masih terkendali

Klaim kondisi terkendali, Luhut proyeksikan kasus Covid-19 melandai pekan  depan

Luhut juga menyampaikan tren perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia masih rendah. Dia mengklaim pandemik masih bisa dikendalikan. Namun, ia tetap mengingatkan bahwa lonjakan kasus bisa terjadi kapan saja.

“Selain kasus aktif dan perawatan rumah sakit Jawa-Bali, masih menunjukkan tren penurunan serta cakupan vaksinasi umum dan lansia Jawa-Bali juga meningkat. Pemerintah juga terus mendorong beberapa daerah di Jawa-Bali yang vaksinasi dosis satunya masih di bawah 50 persen,” jelas Luhut.

3. Luhut imbau masyarakat agar tidak keluar negeri jika tak ada kepentingan
Luhut: Omicron Baru Ditemukan di Wisma Atlet

Luhut mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri apabila tak ada kepentingan. Hal itu guna mencegah lonjakan kasus Omicron.

“Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar negeri karena begitu parahnya keadaan sekarang mengenai Omicron di seluruh dunia,” tuturnya.