Para Mahasiswa Terlibat Bentrok dengan Polisi saat Demo

Para Mahasiswa Terlibat Bentrok dengan Polisi saat Demo

Para Mahasiswa Terlibat Bentrok dengan Polisi saat Demo – Unjuk rasa atau demonstrasi (“demo”) adalah sebuah gerakan protes yang dilakukan sekumpulan orang di hadapan umum. Unjuk rasa umumnya dilakukan oleh kelompok mahasiswa dan orang-orang yang tidak setuju dengan pemeritah dan yang menentang kebijakan pemerintah.

Massa aksi dari Perhimpunan Mahasiswa Kristen (PMKRI) terlibat bentrok dengan polisi yang berjaga di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021). Kericuhan tersebut bermula dari aksi bakar spanduk yang awalnya akan dilakukan oleh pihak PMKRI. Namun, ketika sedang mempersiapkan aksi, tiba-tiba terjadi dorong-dorongan antara polisi dan mahasiswa dari PMKRI.

Hari Buruh pada umumnya dirayakan pada tanggal 1 Mei, dan dikenal dengan sebutan May Day. Hari buruh ini adalah sebuah hari libur (di Club388 Indonesia beberapa negara) tahunan yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh.

Hari Buruh lahir dari berbagai rentetan perjuangan kelas pekerja untuk meraih kendali ekonomi-politis hak-hak industrial. Perkembangan  kapitalisme industri di awal abad 19 menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara-negara kapitalis di Eropa Barat dan Amerika Serikat. Pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik, melahirkan perlawanan dari kalangan kelas pekerja.

Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada tahun 1806 oleh pekerja Cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisirnya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja dari 19 sampai 20 jam seharinya. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.

“Tunggu Pak, tunggu jangan dorong-dorong begitu. Kami bukan preman,” ujar salah seorang mahasiswa.

Alhasil, beberapa mahasiswa pun diamankan dan dibawa oleh polisi menggunakan mobil. Massa PMKRI langsung membubarkan diri dan kepolisian memperketat penjagaan di sekitar Monas.

Selain buruh, mahasiswa juga turut menghadiri aksi May Day di Monas pada Sabtu ini. Ada beberapa BEM yang hadir seperti Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), serta beberapa perhimpunan mahasiswa lainnya.