Pelamar Telah Menunggu Kapan Pembukaan Pendaftaran CPNS

Pelamar Telah Menunggu Kapan Pembukaan Pendaftaran CPNS

Pelamar Telah Menunggu Kapan Pembukaan Pendaftaran CPNS – Pemerintah memastikan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan dibuka pada 31 Mei 2021 ini. Bagi Anda yang berminat, ada sejumlah persyaratan yang perlu dipersiapkan dan informasi yang harus diketahui sebelum mendaftar CPNS dan PPPK tersebut. Momen pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja di Indonesia. Namun, pendaftaran CPNS tahun ini mengalami penundaan.

Jika sesuai jadwal sebelumnya, pengumuman lowongan CPNS dan PPPK 2021 seharusnya sedang berlangsung saat ini.

“Kebutuhan formasi CPNS, PPPK Guru dan PPPK Non Guru mulai diumumkan 30 Mei sampai dengan 13 Juni 2021,” tulis laman resmi sscasn.bkn.go.id sebelum mengubah informasi tersebut.

Ketika tim Download Apk IDNPlay melakukan pengecekan pada menu layanan informasi laman sscasn.bkn.go.id pada Kamis (3/6/2021), juga sudah terdapat sub menu info lowongan. Hanya saja, sub menu info lowongan CPNS dan PPPK 2021 di laman resmi tersebut hingga saat ini belum bisa dibuka.

1. Alasan penundaan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyebutkan, penundaan tersebut karena masih menunggu persiapan rampung.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera disampaikan (jadwal pendaftaran CPNS),” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HUKIP) Kemenpan RB Mohammad Averrouce dikutip dari ANTARA, Senin (31/5/2021).

2. Belum pastikan pendaftaran kapan dibuka

Hingga saat ini, pemerintah belum bisa memastikan, kapan pendaftaran rekrutmen CPNS ini dibuka kembali. Dalam surat edaran, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menjelaskan alasan di balik situasi tersebut.

“Ada beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK non-guru, dan PPPK Guru Tahun 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah,” tulisnya.

Oleh karena itu, Bima menyebutkan jadwal seleksi CPNS belum ditetapkan dan akan diinformasikan lebih lanjut.

3. Ditunda karena menunggu usulan revisi penetapan kebutuhan formasi

Selain itu, BKN menyebut alasan lain penundaan pendaftaran adalah karena masih menunggu usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) dari beberapa instansi.

Dalam surat juga tertulis, Kepala BKN meminta tiap instansi pusat dan daerah yang membuka rekrutmen wajib membentuk tim panitia seleksi pengadaan instansi, petugas verifikasi, petunjuk teknis verifikasi, dan petugas helpdesk instansi.

BKN juga menyampaikan kepada pejabat tingkat pusat dan daerah, setiap instansi yang menggunakan gedung BKN pusat, kantor regional BKN dan unit penyelenggara teknis BKN untuk lokasi ujian, wajib mengajukan usulan paling lambat sampai 4 Juni 2021.