Viral Sebuah Video Seorang TNI yang Menampar Petugas SPBU

Viral Sebuah Video Seorang TNI yang Menampar Petugas SPBU

Viral Sebuah Video Seorang TNI yang Menampar Petugas SPBU – Sebuah video viral adalah video yang yang menjadi populer melalui proses virus  sharing internet, biasanya melalui website video sharing seperti YouTube  serta media sosial dan email . 

Ada beberapa cara untuk mengukur apakah video telah “viral”. Statistik yang mungkin paling banyak disebutkan adalah jumlah penayangan, dan karena berbagi menjadi lebih mudah, persyaratan ambang jumlah penayangan telah meningkat.

Seperti Video Viral yang Terjadi ini. Dimana Video Oknum TNI yang viral karena diduga menampar petugas Live22 SPBU di Waipare, Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), kini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dandim 1603 Sikka Letkol Inf M Zulnalendra menegaskan, anggotanya akan diproses hukum meskipun sudah berdamai dengan petugas yang ditampar.

1. Penamparan dipicu kesalahpahaman
Viral, TNI di NTT Tampar Petugas SPBU karena Tidak Mau Antre

Zulnalendra menerangkan insiden pemukulan oleh anggotanya yang bernama Pelda Joaquim Parera dan petugas SPBU Ignasius Nago Bolakinger hanya kesalahpahaman.

Sebab, sudah ada kerja sama antara TNI – Polri dengan pimpinan SPBU, bila ada tugas mendesak maka didahulukan mengisi BBM.

“Anggota kami akan bertugas di desa namun kehabisan bensin dan cari SPBU terdekat kebetulan yang dekat SPBU Waipare, anggota kami melihat antrean panjang tapi karena antara TNI – Polri sudah bekerjasama dan bisa didahulukan jika berkaitan dengan tugas negara, tetapi ada kesalahpahaman sehingga terjadi insiden pemukulan,” jelas Zulnalendra.

2. Kodim 1603 Sikka melalukan mediasi
Viral, TNI di NTT Tampar Petugas SPBU karena Tidak Mau Antre

Zulnalendra menambahkan pasca-video viral, Kodim 1603 Sikka langsung mempertemukan keduanya untuk menyelesaikan persoalan itu secara kekeluargaan.

Meski demikian, Zulnalendra menegaskan, oknum TNI yang menampar petugas SPBU akan tetap diproses menurut peraturan militer.

“Hingga saat ini oknum anggota TNI sudah diamankan di Makodim 1603 Sikka. Kodim sudah mengambil keterangan guna pemeriksaan lanjutan,” imbuhnya.

3. Oknum TNI emosi disuruh antre
Viral, TNI di NTT Tampar Petugas SPBU karena Tidak Mau Antre

Sementara, petugas SPBU Ignasius Nago Bolakinger mengatakan, penamparan ini berawal dari permintaannya agar pelaku mengantre seperti pengendara lainnya yang akan mengisi bahan bakar minyak (BBM).

“Saya bilang supaya mengantre dan saya arahkan ke tengah. Tapi, beliau bersikeras dan dia emosi, saya ditempeleng,” kata Ignatius.

Nalts juga mengajukan tiga pertimbangan lain: buzz, parodi, dan umur panjang, yang merupakan cara yang lebih kompleks untuk menilai penayangan video viral. Buzz membahas inti permasalahan; semakin banyak video dibagikan, semakin banyak diskusi yang dibuat video tersebut baik secara online maupun offline.

Yang dia tekankan adalah bahwa semakin banyak buzz video, semakin banyak penayangannya. Sebuah studi tentang video viral oleh Universitas Carnegie Mellon menemukan bahwa popularitas pengunggah memengaruhi apakah suatu video akan menjadi viral,  dan memiliki video yang dibagikan oleh sumber populer seperti selebriti atau saluran berita juga meningkatkan buzz.