Wakil Ketua KPK Memberikan Saran Untuk Sembuh dari Covid=19

Wakil Ketua KPK Memberikan Saran Untuk Sembuh dari Covid=19

Wakil Ketua KPK Memberikan Saran Untuk Sembuh dari Covid=19 – Ghufron menjadi pimpinan KPK dengan mengantongi 51 suara dalam voting yang digelar oleh Komisi III DPR di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019) dini hari. Dia pun ditetapkan menjadi Wakil Ketua KPK. Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron telah dinyatakan negatif COVID-19. Ia sempat dinyatakan positif terpapar virus corona sejak 27 Juni 2021.

Kemudian ia melanjutkan ke Universitas Airlangga (Unair) dan lulus pada 2004. Pendidikan S3-nya Ghufron tempuh di Universitas Padjadjaran (Unpad) dan selesai pada 2012. Saat itu, Ghufron memiliki gejala demam dan batuk, bahkan CT Valuenya menyentuh angka 18,6 dan sempat direkomendasikan untuk rawat inap.

Setelah hampir tiga pekan menjalani isolasi mandiri di rumah, Dirangkum dari laman idn poker.apk Ghufron kini telah dinyatakan negatif dari COVID-19. Ia pun membagi sejumlah tips agar bisa segera negatif dari virus corona dan pulih. Apa saja?

1. Ghufron rajin berjemur, minum obat dan vitamin, hingga yakin bakal sembuh saat isolasi mandiri
Sempat Bergejala, Ini Tips Sembuh COVID-19 dari Wakil Ketua KPK  

Selama menjalani isolasi mandiri, Ghufron mengaku cukup taat mengatur waktu istirahat, olahraga, dan berjemur. Ia juga rajin minum vitamin dan obat-obatan dari dokter yang menanganinya.

Ghufron berpendapat bahwa yang membuatnya bisa sembuh selain mengkonsumsi obat dan vitamin, istirahat cukup, serta berjemur adalah keyakinan bisa sembuh. Sebab ketidakyakinan bisa sembuh hanya membuat daya tahan dan imunitas diri turun.

“Caranya harus yakin bahwa COVID-19 adalah sama dengan diri kita bagian dari makhluk Allah yang hadir tidak sendirinya. Allah yang memastikan kehadirannya dan pasti ada hikmah kepada kita semua,” ujar Nurul Ghufron kepada IDN Times, Jumat (16/7/2021).

2. Pandemik COVID-19 ingatkan Ghufron tak jadi manusia yang sombong
Sempat Bergejala, Ini Tips Sembuh COVID-19 dari Wakil Ketua KPK  

Ghufron menilai COVID-19 merupakan virus yang sangat kecil hingga tak dapat dilihat tapi bisa menyebabkan seseorang sakit bahkan meninggal. Menurutnya hal itu merupakan hikmah yang bisa diambil dari pandemik ini.

“Ini menunjukkan hikmahnya agar kita tidak menyombongkan diri karena dasar apapun, supaya kita tetap hati-hati dan takut kepada COVID-19 sebagai bagian dari ketakutan pada Allah. Karena kesombongan kita kepada COVID-19 sesungguhnya adalah kesombongan kita kepada Allah,” ujarnya.

3. Ghufron berharap bangsa Indonesia mengambil hikmah dari Pandemik COVID-19
Sempat Bergejala, Ini Tips Sembuh COVID-19 dari Wakil Ketua KPK  

Ia berharap agar semua pihak menjadikan pandemik COVID-19 sebagai momentum pengingat agar setiap waktu dan kesempatan dapat diisi dengan kebaikan dan bertobat atas kesalah dan kekhilafan yang telah dilakukan. Menurutnya, pengalaman menghadapi pandemik COVID-19 bisa mengajarkan semua pihak untuk berbuat baik dari pikiran, tulisan, maupun tindakan serta meniadakan kesombongan.

“Saya berharap Indonesia mengambil hikmah lebih esensial dan substantif bagi kehidupan bernegara dan tidak melihat COVID-19 sebagai fenomena saja,” ujarnya