Aplikasi PeduliLindungi Kini Hadir dengan Tampilan Baru

Aplikasi PeduliLindungi Kini Hadir dengan Tampilan Baru

Aplikasi PeduliLindungi Kini Hadir dengan Tampilan Baru – PeduliLindungi adalah aplikasi pelacak Covid-19 yang digunakan secara resmi untuk pelacakan kontak digital di Indonesia. Aplikasi PeduliLindungi kini hadir dengan tampilan baru. Pembaharuan kini tersedia di masing-masing smartphone.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian BUMN. Saat dikonfirmasi Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan tampilan terbaru ini sudah dilaksanakan sejak tiga pekan lalu.

Sebelumnya, aplikasi ini bernama TraceTogether, tetapi namanya diganti menjadi PeduliLindungi karena dinilai mirip seperti aplikasi pelacakan kontak dari Singapura. “Sejak tiga minggu lalu. (Pembaharuan dilakukan) tentu bila diperlukan dan kalau ada penambahan feature baru lainnya pembaharuan,” kata dia, Senin (1/10/2021).

1. Tampilan terbaru PeduliLindungi dan menu yang lebih padat
Begini Cara Batasi Akses Lokasi Aplikasi PeduliLindungi

Dilihat dari tampilannya di layar smartphone, kini aplikasi PeduliLindungi semakin minimalis. Tidak ada lagi area besar peta yang menutupi fitur lainnya.

Kini, di halaman depat terlihat ada pilihan menu sertifikat vaksin, hasil tes COVID-19, EHAC, daftar lokasi yang kita datangi, regulasi perjalanan, telemedicine, fasilitas kesehatan, data COVID-19 dan info vaksinasi. Semua fitur dibuat minimalis dengan menu dan tulisan dengan satu ukuran.

2. Scan kode QR ada ditampilan paling atas
Begini Tampilan Terbaru Aplikasi PeduliLindungi, Makin Minimalis

Sama seperti tampilan sebelumnya, di bagian atas juga dihadirkan pilihan menu saat pengguna aplikasi PeduliLindungi ingin masuk ke area publik, yakni scan kode QR dengan mengingatkan pengguna untuk menyalakan pengaturan lokasi lebih dulu.

Aplikasi ini dirilis untuk membantu menghentikan penularan COVID-19 serta meminimalkan risiko penyebarannya. Pengawasan dilakukan di lokasi padat dan ramai serta berisiko virus corona tinggi, nantinya riwayat COVID-19 atau contact tracing dapat dilakukan.

3. Beberapa hal yang ditambah Kementerian Kesehatan
Begini Tampilan Terbaru Aplikasi PeduliLindungi, Makin Minimalis

Dari penelusuran IDN Times, aplikasi PeduliLindungi saat ini memiliki pembaruan dengan nomor versi Android 4.0.2 dan iOS 4.0.3.

Kementerian Kesehatan menambahkan beberapa hal seperti simplifikasi proses registrasi dan onboarding. Serta memisahkan flow antara Warga Negara Asing dan Warga Negara Indonesia.