Arab Saudi Mencabut Status Suspend Perjalanan Bagi Indonesia

Arab Saudi Mencabut Status Suspend Perjalanan Bagi Indonesia

Arab Saudi Mencabut Status Suspend Perjalanan Bagi Indonesia – Arab Saudi mencabut status suspend perjalanan internasional bagi enam negara untuk masuk ke negaranya. Pencabutan suspend itu berlaku pada 1 Desember 2021 mendatang.Keenam negara itu yakni Indonesia, Pakistan, Brazil, India, Vietnam, dan Mesir.

Dengan Pencabutan Suspen itu, keenam negara tersebut tak harus melalui negara ketiga dan menjalani karantina 14 hari ketika masuk ke Arab Saudi. “Betul (suspend Indonesia dicabut Arab Saudi),” kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Jumat (26/11/2021).

Namun, Yaqut tak menjelaskan secara rinci apakah suspend tersebut juga menandakan jemaah Indonesia bisa berangkat umrah. Aturan kesehatan Saudi mewajibkan setuap orang yang masuk ke negaranya untuk jalan karantina.

1. Wajib karantina lima hari
Arab Saudi Cabut Suspend Perjalanan bagi Indonesia!

Dilansir  Arabnews, The Ministory of Interior (MOI) meminta kepada setiap orang yang masuk ke Arab Saudi untuk menjalani karantina. Arab Saudi membebaskan orang asing yang masuk ke negaranya menggunakan vaksin apa saja.

Warga asing yang masuk ke Arab Saudi diminta tunduk dengan aturan kesehatan negeri Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

2. Belum ada kabar soal izin umrah
KJRI Jeddah: Belum Ada Kebijakan Baru Dari Saudi Soal Umrah

Yaqut tak menjelaskan secara rinci apakah suspend tersebut juga menandakan jemaah Indonesia bisa berangkat umrah.

“Tunggu saja, nanti akan diumumkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (Amphuri), Zaky Zakaria, mengatakan belum ada kabar pasti mengenai izin umrah bagi jemaah Indonesia. Pencabutan suspend itu masuk bersifat umum.

“Seperti tercantum di sircular Gaca, ini masih bersifat umum, kalau untuk umrah perlu ditambah keputusan Kementerian Haji Arab Saudi ditandai dengan sistem visa Umrah dibuka. Bisa jadi untuk jemaah umrah akan menyusul syarat-syarat baru dari Saudi,” ujar Zaky.

3. Indonesia di-suspend masuk Arab Saudi sejak Februari 2021
Arab Saudi Cabut Suspend Perjalanan bagi Indonesia!

Zaky menjelaskan, Indonesia di-suspend masuk Arab Saudi sejak 3 Februari 2021. Hal itu karena ada lonjakan kasus COVID-19.

“Adanya Qoror Samah Dukhul (Keputusan Boleh Masuk) Saudi bagi 6 negara dari Kemendagri Saudi yang juga ditindaklanjuti dengan GACA Circular, insyaAllah adalah langkah awal dari dibukanya kembali umrah untuk Indonesia,” katanya.

“Qoror dari Kemendagri Saudi dan GACA Circular bersifat umum tidak ada menyebut hanya bagi muqimin (orang asing yang tinggal di Saudi). Berarti berlaku bagi semua yang datang dari 6 negara tersebut,” imbuhnya.