Beberapa Wilayah di Brazil Berikan Vaksin Tambahan COVID-19

Beberapa Wilayah di Brazil Berikan Vaksin Tambahan COVID-19

Beberapa Wilayah di Brazil Berikan Vaksin Tambahan COVID-19 – Republik Federatif Brasil atau adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya(204.5 juta jiwa pada tahun 2017) di Amerika Selatan. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika Selatan dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik.

Nama Brasil diambil dari nama Kayu Brasil, sejenis kayu lokal. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Beberapa wilayah di Brazil akhirnya memberikan vaksin tambahan COVID-19 meskipun dilakukan di jadwal yang berbeda di masing-masing kota.

Hal ini dilakukan mengingat kekhawatiran akan penyebaran varian Delta yang beberapa bulan terakhir ini semakin meluas. Bagaimana awal ceritanya?

1. Wilayah Rio de Janeiro merupakan wilayah penyebaran berbagai varian

Dilansir dari Independent.co.uk, beberapa kota di Brazil memberikan vaksin tambahan COVID-19 meskipun kebanyakan warga setempat belum menerima vaksin kedua.

Wilayah Rio de Janeiro, yang saat ini menjadi pusat penyebaran berbagai varian COVID-19 dan rumah bagi salah satu populasi lansia terbesar di Brazil, mulai memberikan booster pada hari Rabu, 8 September 2021, ini.

Sedangkan di wilayah timur laut Salvador dan Sao Luis dimulai pada hari Senin, 6 September 2021, ini dan wilayah terpadat di Brazil, Sao Paulo, akan dimulai pada hari yang sama, serta sisanya akan menyusul di pekan berikutnya.

Dos Santos menderita diabeters dan dirawat di rumah sakit karena penyakit jantung serta menolak untuk meninggalkan rumah hingga dia mendapatkan vaksin tambahan.

Karena varian COVID-19, beberapa ahli mengatakan pemerintah harus memperlambat peluncuran vaksin tambahan dan fokus pada distribusi dosis kedua.

Varian Delta sendiri saat ini merupakan varian paling menular yang telah teridentifikasi dan banyak penelitian menunjukkan bahwa satu dosis tidak mampu melindunginya.

2. Menteri Kesehatan Brazil sebaiknya menyarankan untuk menggunakan Pfizer dalam pemberian vaksin tambahan kepada warga lansia
Beberapa Wilayah di Brazil Beri Vaksinasi Tambahan COVID-19

Seorang ahli epidemiologi dan profesor dari Federal University of Espirito Santo, Ethel Maciel, mengatakan mendorong vaksin tambahan pada tahap awal ini mengingat kurangnya perhatian terhadap varian Gamma yang melanda wilayah Amazon, Manaus, Brazil awal tahun 2021 lalu yang pada saat itu menimbulkan gelombang baru COVID-19 secara nasional.

Kini, varian delta sudah dominan di Rio de Janeiro, yang telah terdeteksi pada 86 persen sampel yang dikumpulkan dari pasien COVID-19. Unit perawatan intensif telah mencapai kapasitas penuh di sebanyak 8 kota, meskipun hanya sedikit peningkatan kematian yang tercatat sejauh ini.

Pihak berwenang Sao Paulo juga mengharapkan skenario serupa dalam beberapa minggu ke depan. Secara global, timbul keraguan yang menganggu vaksin buatan Tiongkok, terutama karena varian Delta yang telah bertahan di banyak negara.

Dia mengatakan bahwa orang yang berusia di atas 18 tahun akan menerima dosis pertama mereka saat itu, meskipun dia tidak mengatasi kerentanan mereka terhadap varian Delta tanpa adanya dosis kedua.

3. Jumlah kasus COVID-19 di Brazil sampai saat ini
Beberapa Wilayah di Brazil Beri Vaksinasi Tambahan COVID-19

Jumlah kasus COVID-19 di Brazil sampai hari Jumat, 3 September 2021, waktu setempat mencapai angka 20.856.060 kasus dengan rincian 582.753 kasus berakhir meninggal dunia serta 19.820.202 kasus berakhir sembuh.

Di hari yang sama, Brazil mengalami penambahan kasus baru sebanyak 25.348 kasus baru dengan rincian 749 kasus berakhir meninggal dunia.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, Brazil mengalami tren penurunan jumlah tambahan kasus baru.

Pada hari Kamis, 2 September 2021, lalu Presiden Brazil, Jair Bolsonaro, telah menandatangani undang-undang yang memungkinkan adanya paten vaksin dan obat-obatan dilanggar dalam keadaan darurat publik, seperti pandemi COVID-19.

Tetapi pemimpin sayap kanan itu memveto ketentuan bahwa pemegang paten perlu membagi pengetahuan serta memasok bahan baku yang dibutuhkan untuk menduplikasi vaksin serta obat-obatan.