Berikut Bentuk Dukungan Pemerintah Indonesia untuk Palestina

Berikut Bentuk Dukungan Pemerintah Indonesia untuk Palestina

Berikut Bentuk Dukungan Pemerintah Indonesia untuk Palestina – Kembali memanasnya konflik Israel dan Palestina selama sepekan terakhir ternyata berlanjut dengan “perang narasi” di media sosial Indonesia. Banyak netizen yang mengecam Israel dan mendukung Palestina, namun ada pula yang membela Israel sambil menuding kelompok Hamas sebagai pemicu gejolak.

Kendati perang narasi di dunia maya itu dipandang wajar, pengamat Timur Tengah, Trias Kuncahyono, mengingatkan agar semua postingan itu harus disampaikan secara dingin dan melihatnya secara rasional, seperti yang dilansir dari BBC Indonesia pada Senin (18/5/2021).

Konflik antara Israel dengan Palestina menjadi perhatian dunia, termasuk Indonesia. Menyikapi hal ini, Indonesia pun tak tinggal diam. Sebagai negara sahabat, Indonesia turut serta membantu Palestina melalui berbagai upaya, seperti jalur Live22 diplomasi dan donasi. Seperti yang disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Februari 2021, melalui konferensi pers bahwa dukungan Indonesia untuk perjuangan Palestina tidak tergoyahkan.

1. Mengupayakan berbagai upaya diplomatik

Indonesia terus mengupayakan berbagai upaya diplomatik, demi menghentikan agresi Israel terhadap Palestina. “Kami mengutuk dalam istilah terkuat pelanggaran dan agresi terang-terangan yang berulang kali dilakukan oleh Israel, yang menargetkan warga sipil di seluruh wilayah pendudukan Palestina, khususnya di Yerusalem Timur dan Jalur Gaza,” tulis Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada akun Twitternya @jokowi, Minggu, 16 Mei 2021.

2. Mengecam tindakan Israel terhadap warga sipil Palestina

Indonesia juga mengecam kekerasan yang dilakukan aparat keamanan Israel terhadap warga sipil Palestina, yang terjadi dalam sejumlah bentrokan di kompleks Masjid Al Aqsa dan pengusiran permukiman warga Palestina di Sheikh Jarrah, Yerusalem. “Pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa tidak boleh diabaikan,” tulis Jokowi.

3. Mendesak DK PBB untuk mengambil langkah nyata
Ini 5 Aksi Dukungan Pemerintah Indonesia untuk Palestina

Indonesia mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk mengambil langkah nyata, terhadap pelanggaran yang dilakukan Israel. “Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel. Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina,” tulis Jokowi.

4. Menghentikan seluruh kekerasan pada Palestina melalui semua lini
Ini 5 Aksi Dukungan Pemerintah Indonesia untuk Palestina

Indonesia juga berusaha semaksimal mungkin di semua lini, termasuk Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People (CEIRPP), Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Gerakan Non Blok (GNB), hingga mendesak DK PBB untuk mengambil langkah nyata menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan serta perlindungan bagi rakyat Palestina.

“Menlu menyerukan persatuan negara-negara OKI dan persatuan di kalangan internal pemangku kepentingan di Palestina. Tanpa persatuan maka perjuangan mendukung Palestina akan sangat sulit di negara-negara OKI. Perbedaan faksi dan pendapat sementara dihilangkan dulu dan dialihkan untuk menghentikan kekerasan dan konflik di Palestina,” ujar Direktur Timur Tengah Kemenlu Bagus Hendraning Kobarsyih dalam Seminar Internasional Diplomasi Indonesia dalam Konflik Palestina-Israel yang digelar secara virtual, Selasa, 18 Mei 2021.

5. Berkomunikasi langsung dengan para menteri luar negeri negara sahabat
Ini 5 Aksi Dukungan Pemerintah Indonesia untuk Palestina

Untuk membahas isu Palestina, Menlu juga telah berkomunikasi langsung dengan para menteri luar negeri negara-negara sahabat, antara lain:

  • Palestina
  • Malaysia
  • Brunei Darussalam
  • Mesir
  • Yordania
  • Turki
  • Saudi Arabia
  • Qatar
  • Tunisia
  • Vietnam
  • India
  • Norwegia
  • Inggris
  • HRVP (High Representative of the Union for Foreign Affairs and Security Policy) Uni Eropa