DPR RI Puan Maharani Janjikan 4 hal Untuk rakyat Indonesia

DPR RI Puan Maharani Janjikan 4 hal Untuk rakyat Indonesia

DPR RI Puan Maharani Janjikan 4 hal Untuk rakyat Indonesia – Dr. (H.C.) Puan Maharani , S.Sos. (lahir di Jakarta, 6 September 1973; umur 47 tahun) adalah seorang politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2019–2024. Ketua DPR RI Puan Maharani menjanjikan empat hal untuk rakyat Indonesia pada masa pandemik COVID-19. Dalam agenda Sidang Tahunan MPR/DPR itu ia mengatakan, pengawasan DPR masih akan fokus pada penanganan pandemik dan dampaknya.

“DPR akan memastikan pemerintah akan memberikan perlindungan kepada rakyat dalam menghadapi pandemik COVID-19,” kata Puan dalam sidang yang disiarkan langsung di kanal YouTube DPR RI, Senin (16/8/2021). Pertama, Puan mengatakan, pemerintah agar melakukan percepatan vaksinasi secara merata di seluruh wilayah Tanah Air, meningkatkan testing, tracing, dan treatment, mengoptimalkan pelaksanaan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Untuk mengurangi penyebaran pandemik COVID-19, dan pengawasan pemerintah terhadap kedatangan warga negara asing (WNA) selama PPKM. Kedua, Dirangkum dari idn poker apk putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu berjanji pemerintah agar mengantisipasi masyarakat yang terdampak penurunan kesejahteraan, berkurangnya pendapatan dan daya beli, PHK, dan dampak ekonomi lainnya.

“Penanganan pemerintah terhadap anak yatim piatu yang disebabkan oleh pandemik COVID-19, program dan penyaluran bansos agar dilakukan secara tepat waktu, tepat guna, dan tepat sasaran,” kata Puan.

Ketiga, terkait pelayanan publik bagi rakyat, pelayanan rumah sakit untuk masyarakat yang berobat bukan karena COVID-19, pendidikan, transportasi, perizinan, dan sertifikasi. “Dan lain sebagainya, agar tetap dapat berjalan dengan memperhatikan protokol kesehatan,” ucap Puan.

Puan mengatakan, penjelasan tersebut juga harus disertai pengawasan para petugas di lapangan, misalnya dalam mengawasi mobilitas para pengunjung mal yang mulai dibuka terbatas di beberapa kota. “Meski pengunjung mal sudah punya sertifikat, kalau ada kerumuman atau antrean jarak dekat jangan dibiarkan,” kata Puan.

Selain itu, Puan juga berharap dalam masa perpanjangan PPKM Level 4 ini, pemerintah bisa menekan dua indikator yakni angka kematian dan positivity rate. “Tren kasus beberapa hari terakhir memang menurun, tapi angka kematian dan positivity rate masih relatif tinggi. Dua indikator ini harus terus ditekan,” kata perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR ini.

Terakhir, Puan mengatakan, DPR RI ikut memberikan perhatian pada sinergi antara pemerintah pusat dan daerah dalam mengimplementasikan anggaran dan program penanganan pandemik COVID-19.

“Diperlukan pola kerja sama yang efektif antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, sehingga rakyat dapat memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya,” ujar Puan.