Fakta Bahwa Vaksin Gak Sepenuhnya Buat Kita Kebal COVID-19

Fakta Bahwa Vaksin Gak Sepenuhnya Buat Kita Kebal COVID-19

Fakta Bahwa Vaksin Gak Sepenuhnya Buat Kita Kebal COVID-19  – Vaksin adalah zat yang sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh dari penyakit tertentu, sehingga bisa mencegah terjangkit dari penyakit tertentu tersebut.

Dan Vaksinasi adalah kegiatan pemberian vaksin kepada seseorang di mana vaksin tersebut berisi satu atau lebih antigen.  Saat vaksin dimasukkan ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh akan melihatnya sebagai antigen atau musuh. Pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2021, mulai 6 hingga 17 Mei 2021, untuk mencegah meluasnya penyebaran COVID-19 atau virus corona. Semua masyarakat dilarang pulang ke kampung halaman untuk melaksanakan tradisi mudik Lebaran.

Bahkan, orang yang sudah mendapatkan vaksinasi Club388 Indonesia COVID-19. Kenapa ya, orang yang sudah divaksin juga dilarang mudik? Pasti ada alasan di balik larangan-larangan mudik tersebut. Sebelum Kita berasumsi yang negatif, mari kita lihat terlebih dahulu alasan-alasan yang mendasari larangan mudik Tersebut.

1. Vaksin tak bikin kebal virus corona
Vaksin Gak Bikin Kebal COVID-19 Loh! Jadi Jangan Mudik Ya

Deputi Bidang Penelitian Fundamental Eijkman Institute Profesor Herawati Sudoyo, menegaskan vaksin tidak bisa mencegah penularan virus corona. Ia mengatakan vaksin berfungsi meringankan penyakit jika seseorang yang telah divaksinasi tertular COVID-19.

“Mungkin yang juga harus diketahui bahwa vaksin itu fungsinya memperingan gejala, tidak mencegah total terjadinya infeksi,” tegas Hera kepada IDN Times pada 15 Maret 2021.

“Masyarakat perlu tahu bahwa vaksin bukan peluru perak (solusi sederhana dan cepat),” imbuhnya.

2. Orang yang sudah divaksinasi bisa tularkan COVID-19

nationalism Archives - Global Campaign for Peace Education

Epidemiolog dari Universitas Griffith, Australia, Dicky Budiman, juga memberikan pendapat senada dengan Hera. Selain dapat tertular, dia mengatakan, penerima vaksin yang positif COVID-19 bisa menularkan virus corona.

“Karena bisa saja virus yang ada di dia (penerima vaksinasi) menularkan virus kepada orang lain,” kata Dicky kepada IDN Times, 14 Januari 2021.

Ia juga menilai program vaksinasi COVID-19 pada tahun pertama tidak dapat membentuk heard immunity atau kekebalan bersama. Sehingga, manfaat yang muncul berkat vaksin COVID-19 masih bersifat individu.

3. Yuk, ingat lagi aturan larangan mudik Lebaran 2021
Vaksin Gak Bikin Kebal COVID-19 Loh! Jadi Jangan Mudik Ya

Pemerintah melarang masyarakat mudik saat Idul Fitri 1442 Hijriah pada 6-17 Mei 2021. Kebijakan itu tertulis dalam Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1422 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Pemerintah melarang masyarakat mudik Lebaran demi mencegah penularan COVID-19. Transportasi darat, laut, dan udara dilarang untuk mengangkut masyarakat yang ingin mudik.

Transportasi hanya boleh beroperasi untuk keperluan logistik dan perjalanan mendesak non-mudik. Adapun, perjalanan non-mudik tersebut adalah bekerja/perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi satu orang anggota keluarga, kepentingan persalinan yang didampingi maksimal dua orang, pelayanan kesehatan darurat, serta kepentingan non-mudik tertentu lainnya.