Ledakan Mobil yang Menewaskan 1 Orang Terjadi di Liverpool

Ledakan Mobil yang Menewaskan 1 Orang Terjadi di Liverpool

Ledakan Mobil yang Menewaskan 1 Orang Terjadi di Liverpool – Satuan anti terorisme Kepolisian Inggris kini tengah menyelidiki ledakan yang terjadi di sebuah rumah sakit di Kota Liverpool. Insiden itu menewaskan satu orang dan melukai seorang lainnya.

Polisi mendapat laporan mengenai adanya sebuah ledakan yang melibatkan sebuah taksi di Rumah Sakit Khusus Perempuan Liverpool pagi. Pihak kepolisian mengatakan ledakan itu belum dinyatakan sebagai aksi terorisme, tapi penyelidikan kasusnya dipimpin oleh polisi anti terorisme sebagai bagian dari antisipasi.

Sebuah mobil berhenti di depan Rumah Sakit Perempuan di Liverpool. Sekitar pukul 11 siang waktu setempat, mobil tersebut meledak dan menewaskan satu orang. Polisi kontra-terorisme segera melakukan penyelidikan atas ledakan itu. Kabarnya, tiga orang ditahan di bawah undang-undang terorisme.

1. Taksi meledak di depan sebuah rumah sakit

Seorang saksi mata yang berada di dalam rumah sakit, bernama Carl Bessant, mengaku terkejut ketika ledakan mobil terjadi. Dia sedang menemani pasangannya yang baru saja melahirkan dan pasangannya tersebut sedang menyusui bayinya.

Dilansir dari BBC, Bessant mengatakan “kami melihat mobil terbakar dan seseorang melompat keluar…berteriak, dan ada seseorang di dalam mobil.”

Setelah itu, menurutnya rumah sakit segera ditutup dan tidak ada orang yang masuk atau keluar. Namun beberapa orang menggunakan pintu belakang untuk mobilisasi.

Ledakan itu, menurut polisi, menewaskan seorang pria yang belum diidentifikasi. Dan mobil yang meledak adalah taksi yang membawa satu penumpang. Korban yang tewas adalah penumpang taksi tersebut.

Pengemudi taksi yang terluka namun selamat, sedang dirawat di rumah sakit.

2. Polisi menahan tiga orang di bawah undang-undang terorisme

Tak lama kemudian setelah ledakan, pasukan tanggap darurat dari mulai kepolisian dan pemadam kebakaran segera meluncur ke lokasi kejadian.

Menurut CNN, polisi dan polisi khusus kontra-terorisme beberapa jam kemudian segera melakukan penggerebekan. Mereka menangkap tiga orang pria di bawah undang-undang terorisme.

Ketiganya masing-masing berusia 29, 26 dan 21 tahun. Mereka ditangkap di daerah Kensington, Liverpool. Layanan keamanan M15 juga diturunkan untuk membantu penyelidikan tersebut.

Rincian tentang penangkapan dan kasus belum diungkapkan oleh pihak yang berwenang.

Joanne Anderson yang menjabat sebagai Wali Kota Liverpool mengunggah kabar ledakan itu dan menganggapnya insiden yang “mengganggu dan mengecewakan.” Dia mengucapkan terima kasih kepada para petugas darurat yang dengan sigap bergerak ke lokasi kejadian.

3. Ledakan mobil belum dinyatakan sebagai insiden teroris

Penyelidikan atas ledakan mobil yang menewaskan satu orang dan melukai satu orang lainnya, saat ini masih dalam penyelidikan yang serius oleh otoritas berwenang.

Namun sementara ini, polisi mengatakan ledakan tersebut belum dinyatakan sebagai insiden teroris.

Dilansir NPR, polisi menjelaskan “sejauh ini kami memahami, mobil yang terlibat adalah taksi, yang berhenti di rumah sakit sesaat sebelum ledakan terjadi. Pekerjaan (penyelidikan) masih berlangsung untuk menetapkan apa yang telah terjadi dan bisa memakan waktu lama sebelum kami berada dalam posisi untuk mengkonfirmasi apa pun.”

Penyebab ledakan juga belum ditentukan. Polisi memberi penjelasan bahwa pihaknya berpikiran terbuka tentang apa pun yang menyebabkan ledakan tersebut dan tetap berhati-hati mengambil kesimpulan sebab polisi kontra-terorisme sedang memimpin penyelidikan.

Perdana Menteri Boris Johnson dalam unggahan media sosialnya mengatakan bahwa insiden tersebut mengerikan. Dia juga berterima kasih terhadap semua petugas yang telah dengan cepat merespon insiden tersebut.

Satu orang tewas dan seorang laki-laki dirawat karena luka-luka yang tidak terlalu serius akibat ledakan tersebut. Polisi mengatakan masih mempertimbangkan segala kemungkinan atas penyebab ledakan.

RS Perempuan Liverpool mengatakan pihaknya segera membatasi akses kunjungan hingga pemberitahuan lebih lanjut dan akan memindahkan para pasien ke rumah sakit lain “apabila memungkinkan.”

Dinas kebakaran mengatakan mereka telah memadamkan kobaran api yang membakar mobil itu. Mereka juga mengatakan bahwa satu orang tampak keluar dari mobil itu sebelum api membesar.