Lima Orang Keluarga Banyuwangi Hilang Terkena Longsor

Lima Orang Keluarga Banyuwangi Hilang Terkena Longsor

Lima Orang Keluarga Banyuwangi Hilang Terkena Longsor – Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah. Hujan lebat yang mengguyur kawasan Kabupaten Banyuwangi sejak Rabu malam hingga Kamis pagi, (17/6/2021) mengakibatkan dua rumah di Dusun Sadang, Desa Pakel, Kecamatan Licin tertimpa material longsor.

Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut.

Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Peristiwa yang terjadi pada pukul 02.00 WIB tersebut membuat satu orang meninggal, Dilansir dari Daftar IDN Poker777 sementara 5 orang keluarga sempat hilang terkena longsor.

1. Anak berusia 16 tahun meninggal
Dua Rumah di Banyuwangi Tertimpa Longsor, Satu Orang Meninggal

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi bersama TNI, Polri dan masyarakat langsung melakukan pencarian korban, hasilnya, 5 orang ditemukan, satu di antaranya meninggal.

“Korban sudah ditemukan, dan langsung dimakamkan. Korban meninggal berusia 16 tahun. Korban ditemukan dalam keadaan masih memakai selimut,” ujar Danposramil Kecamatan Licin, Peltu Agus Sugiarto, Kamis (17/2021).

2. Korban sedang tertidur pulas
Longsor di Banyuwangi, Remaja 16 Tahun Ditemukan Tewas Tertutup Selimut  Halaman all - Kompas.com

Sementara itu, dari 4 warga yang selamat dari timbunan longsor, satu di antaranya seorang nenek harus dirawat ke rumah sakit. Peristiwa longsor terjadi saat kelima anggota keluarga tersebut masih tertidur di dalam rumah.

“Jadi korban ini tidur sama neneknya. Dan neneknya tertimbun separuh badan,” ujarnya.

Selain di Desa Pakel, peristiwa longsor juga terjadi di Desa Segobang, Desa Jelun dan Desa Kluncing, mengakibatkan kerugian material, namun tidak ada korban jiwa.

Sebelum peristiwa longsor, warga sempat mendengar suara gemuruh  disertai hujan lebat. Warga Desa Pakel sendiri memang banyak yang tinggal di kawasan berbukit.

3. Hujan deras juga akibatkan banjir
Dua Rumah di Banyuwangi Tertimpa Longsor, Satu Orang Meninggal

Sementara itu, hujan deras juga mengakibatkan banjir, longsor dan pohon tumbang di sejumlah wilayah. Salah satu wilayah yang terdampak banjir yakni Pasar Sumberayu, Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar.

“Hujan deras mulai pukul 21.00 WIB, rumah saya dekat pasar terendam. Pasar tradisional Sumberayu sampai terendam setinggi lutut orang dewasa,” ujar Sofyan.

Sofyan mengatakan, hujan terus mengguyur hingga pukul 05.00 WIB. Sementara luapan air sudah menggenangi rumahnya sejak pukul 00.00 WIB. Sejumlah rumah warga juga terendam banjir.

“Sekarang saya masih sibuk bersih-bersih rumah. Sekarang pedagang juga pindah di pinggir jalan yang tidak terendam banjir,” katanya.