Meksiko Telah Menangkap Istri Bos Kartel Bernama Rosalinda

Meksiko Telah Menangkap Istri Bos Kartel Bernama Rosalinda

Meksiko Telah Menangkap Istri Bos Kartel Bernama Rosalinda – Rosalinda González Valencia adalah seorang pengusaha Meksiko dan diduga pencuci uang dari Kartel Generasi Baru Jalisco, sebuah kelompok kriminal yang berbasis di Jalisco.

Dia menikah dengan Nemesio Oseguera Cervantes, pria paling dicari di Meksiko dan pemimpin CJNG. Pemerintah Meksiko telah menangkap istri bos CJNG (Cártel de Jalisco Nueva Generación) bernama Rosalinda González Valencia. Pasalnya, istri El Mencho itu diduga terlibat dalam pengelolaan finansial organisasi kartel yang dipimpin suaminya.

Sebagaimana diketahui, CJNG merupakan salah satu organisasi kartel narkoba terbesar dan terkuat di Meksiko. Bahkan, kartel narkoba itu dianggap sebagai dalang terjadinya aksi kekerasan dan pembunuhan di Meksiko.

1. Rosalinda González ditangkap ketika berada di Zapopán

Penangkapan Rosalinda González dilakukan oleh personel militer Meksiko yang tengah beraksi di wilayah Zapopan, bagian barat Negara Bagian Jalisco dan tak jauh dari Kota Guadalajara petang.

Menurut Kementerian Pertahanan Meksiko menuturkan bahwa penangkapan Rosalinda González merupakan pencapaian besar dan disebut akan memukul telak terhadap struktur finansial organisasi kriminal CJNG.

“Gonzalez ditahan lantaran diduga terlibat dalam berbagai kasus kriminal di Meksiko dan adanya bukti bahwa ia terlibat dalam operasi finansial ilegal dari kelompok kriminal penyelundup narkoba” ungkap pihak Kemenhan, dalam laman The Guardian.

Gonzalez diketahui pernah ditangkap pada Mei 2018 lalu, tetapi dibebaskan kembali dengan jaminan. Kala itu, ia berani membayar 1,5 juta peso Meksiko atau Rp1 miliar, selagi masih dalam proses dan tunggu untuk persidangan tuntutan pencucian uang, dilansir dari BBC.

2. Dua anggota marinir diculik sebagai balasan penangkapan Gonzalez

Dilaporkan dari Reuters, setelah penangkapan Gonzalez, pejabat setempat mengatakan dua orang anggota marinir diculik di Zapopan. Pemerintah Meksiko mengkhawatirkan bila penangkapan istri El Mencho itu dapat memicu reaksi yang lebih besar dari kelompok kartel CJNG.

Organisasi kartel CJNG dipimpin oleh El Mencho alias Nemesio Oseguera Cervantes yang merupakan seorang mantan polisi. Pemimpin kartel berusia 55 tahun itu diketahui masih bebas hingga kini dan menjadi salah satu orang paling dicari oleh Pemerintah Meksiko dan Amerika Serikat.

Bahkan, Pemerintah Amerika Serikat sudah mengumumkan kesediaanya untuk memberikan hadiah sebesar 10 juta dolar AS atau Rp142 miliar kepada siapapun yang bisa memberikan informasi keberadaan El Mencho.

Kendati demikian, selain istrinya, beberapa keluarga inti El Mencho sudah ditangkap otoritas Meksiko. Salah satunya adalah anaknya bernama Rubén Oseguera González alias El Menchito yang sudah diekstradisi ke AS pada tahun lalu.

Sementara itu, anaknya yang lain, Jessica Oseguera González alias La Negra juga sudah ditangkap oleh otoritas AS setelah mengunjungi El Menchito di penjara Washington. Ia kemudian dijerat hukuman 30 bulan penjara lantaran memiliki beberapa bisnis dan diduga didanai dari aksi penyelundupan narkoba, dikutip dari Vice.

3. CJNG diketahui bertanggung jawab atas penyergapan kepada aparat kepolisian

CJNG merupakan salah satu kartel narkoba terkuat dan paling beringas di Meksiko. Pasalnya, kartel itu berani melawan dan menyerang langsung aparat kepolisian dan tentara Meksiko, termasuk upaya pembunuhan terhadap kepala polisi Mexico City yang menewaskan tiga anggota kepolisian.

Pasukan CJNG diduga menjadi dalang penyergapan konvoi aparat kepolisian di Michoacan pada Maret 2021 lalu. Bahkan, organisasi kartel asal Jalisco itu juga bertanggung jawab atas jatuhnya helikopter militer Meksiko usai ditembak dengan senjata roket di tahun 2015.

Selain itu, CJNG dituduh bersalah atas penyelundupan narkoba, terutama jenis fentanyl ke Amerika Serikat. Pasalnya, obat terlarang itu telah menyebabkan lebih dari 93 ribu kasus kematian akibat overdosis di AS pada tahun 2020.

CJNG dikenal sebagai salah satu kartel kuat yang berusaha mengekspansi teritorinya dan bersaing ketat dengan Kartel Sinaloa yang pernah dipimpin El Chapo Guzman. Peperangan antar kedua organisasi kriminal itu sempat terjadi di beberapa tempat, dilaporkan dari laman The Guardian.

Dia menikah dengan Nemesio Oseguera Cervantes (“El Mencho”), pria paling dicari di Meksiko dan pemimpin CJNG. Lahir di pedesaan Michoacán , Rosalinda tumbuh dalam keluarga dengan 18 bersaudara dan merupakan yang tertua dari saudara perempuannya. 

Keluarganya awalnya menanam alpukat , tetapi akhirnya beralih ke menanam ganja dan opium poppy . Pada 1970-an, keluarganya membentukMilenio Cartel , kelompok pendahulu CJNG, dan mulai memperdagangkan narkotika dari Meksiko ke Amerika Serikat.