Pegawai KPK Mulai Jalani Orientasi Program Baru ASN

Pegawai KPK Mulai Jalani Orientasi Program Baru ASN

Pegawai KPK Mulai Jalani Orientasi Program Baru ASN – Aparatur Sipil Negara (disingkat ASN) adalah istilah untuk kelompok profesi bagi pegawai-pegawai yang bekerja pada instansi pemerintah. Sebanyak 1.271 pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang telah berlatih status menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) mulai menjalani orientasi pada Rabu (16/6/2021). Selain itu pegawai KPK juga akan diberi pembekalan untuk menjadi ASN.

Pegawai ASN terdiri dari Pegawai Negeri Sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan.

“Program ini akan dimulai pada 16 Juni 2021 dengan kerja sama antara KPK dengan LAN RI,” kata Pelaksana Tugas Juru Bicara bidan Penindakan KPK, Ali Fikri, Dikutip dari Daftar IDN Poker777 dalam keterangan tertulis.

1. Tujuan orientasi ASN
Orientasi ASN Kementerian Keuangan Jalur Umum 2019

Ali menjelaskan ada tiga tujuan orientasi ASN ini dilakukan. Tujuannya agar Pegawai KPK memiliki pemahaman tentang kebijakan sistem pembangunan nasional, kebijakan pengelolaan organisasi pemerintah, serta kebijakan pengelolaan SDM aparatur.

“Tiga kompetensi tersebut diperlukan untuk mendukung pelaksanaan tugas jabatan sesuai dengan jenjang jabatan ASN di lingkungan KPK,” kata Ali.

2. Sebelum orientasi, pegawai mendapat pembekalan
Pegawai KPK Mulai Jalani Orientasi ASN Baru Hari IniPegawai KPK berjalan meninggalkan Gedung Merah Putih KPK pada jam pulang kerja di Jakarta, Kamis (27/5/2021). Dalam hasil Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) KPK sebagai syarat alih status pegawai KPK menjadi ASN, 75 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat dimana 51 yang memiliki nilai merah diberhentikan dan 24 lainnya dibina kembali wawasan kebangsaan dan bela negaranya (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sebelum melaksanakan orientasi, KPK juga telah melaksanakan pembekalan terlebih dahulu pada para pegawai. Pembekalan ini dilakukan pada Jumat, 11 Juni 2021.

“Pembekalan telah disampaikan oleh Dian Novianthi Direktur ACLC KPK dan Erna Irawati Kepala Pusat Pembinaan Program dan Kebijakan Pengembangan Kompetensi ASN, Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI,” jelas Ali.

3. Sebanyak 1.271 pegawai KPK jadi ASN
Sah! 1.271 Pegawai KPK jadi ASN, Masih Lembaga Independen? - Tribun Banten

Sebanyak 1.271 pegawai KPK telah dilantik Ketua Firli Bahuri menjadi ASN pada 2 Juni 2021 yang bertepatan dengan hari lahir Pancasila. Mereka sudah lolos berbagai tahapan untuk peralihan status pegawai termasuk tes wawasan kebangsaan.

Sementara itu, terdapat 75 pegawai yang dinyatakan gagal tes wawasan kebangsaan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 51 di antaranya bahkan disebut mendapat rapor merah dan tak bisa dibina.