Pemerintah akan Dirikan Rs Darurat Covid di Kota BukitTinggi

Pemerintah akan Dirikan Rs Darurat Covid di Kota BukitTinggi

Pemerintah akan Dirikan Rs Darurat Covid di Kota BukitTinggi – Kota Bukittinggi adalah kota dengan perekonomian terbesar kedua di Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar) mulai kewalahan menghadapi kasus Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang mulai melonjak. 

Kota ini pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia. Pemerintahan di Bukittinggi pun berencana mendirikan rumah sakit darurat di SMP Negeri 5 untuk menampung pasien terkonfirmasi positif yang bergejala. “Ada wacana SMP Negeri 5 dijadikan sebagai rumah sakit COVID-19.

Tapi itu semua butuh persiapan, mulai dari alat-alat hingga SDM,” kata Ahli Klinis Satuan Gugus Tugas COVID-19 Kota Bukittinggi, dr Deddy Herman, Kamis (15/7/2021). Deddy mengatakan, Dilansir dari idn poker apk pihaknya berharap Pemerintah Kota Bukittinggi dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar segera mengambil langkah tepat untuk mengatasi kondisi ini. Apalagi stok oksigen sudah mulai langka.

1. Situasi di Bukittinggi masuk fase seperti jawa dan bali
Kota Bukittinggi Bakal Dirikan RS Darurat COVID-19 di Sekolah

Deddy menegaskan, pihaknya sudah mulai kewalahan menghadapi lonjakan kasus COVID-19 di daerah itu. Bahkan, ia menyebut kondisinya saat ini sudah seperti Pulau Jawa dan Bali.

Empat unit rumah sakit yakni RS Ahmad Mochtar, RSUD, RS Tentara, dan RS Otak, kondisinya sudah penuh oleh pasien. Butuh tempat cadangan agar bisa merawat pasien. Tempat cadangan itu harus disiapkan untuk menghindari perisitwa pasien yang tidak tertolong.

“Kita juga sedang berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar untuk mendapatkan bantuan 100 tempat tidur dan 100 tabung oksigen,” ujarnya.

2. Oksigen mulai langka
Kota Bukittinggi Bakal Dirikan RS Darurat COVID-19 di Sekolah

Menyusul terjadinya kenaikan kasus terkonfirmasi, persediaan oksigen untuk perawatan pasien juga menipis. Bahkan sudah bisa dikatakan mulai langka. Untuk mengantisipasi hal itu, pemerintah didesak mencarikan solusi konkret.

Deddy menyebutkan, tenaga kesehatan juga mulai kewalahan menghadapi lonjakan kasus. Pemerintah kota (Pemkot) Bukittinggi diminta berkoordinasi dgn Pemprov untuk mendapatkan bantuan.

3. PPKM darurat
Kota Bukittinggi Bakal Dirikan RS Darurat COVID-19 di SekolahPetugas kepolisian menghentikan kendaraan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021).

Untuk menekan laju kasus COVID-19, Kota Bukittinggi masih menerapkan kebijakan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sejak 12 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang.

Total kasus awal pandemik pada Maret 2020 hingga kini sudah mencapai 2.656 orang. Sedangkan warga tang sembuh mencapai 2.151 kasus, namun kasus kematian sudah 54 orang.