Pemerintah Mengumumkan Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Naik KRL

Pemerintah Mengumumkan Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Naik KRL

Pemerintah Mengumumkan Anak di Bawah 12 Tahun Boleh Naik KRL РPada Kamis (21/10/2021) kemarin, Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, anak-anak berusia di bawah 12 tahun telah diizinkan untuk melakukan perjalanan dengan moda transportasi udara.

Asalkan, anak tersebut harus melakukan tes reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR) serta menunjukkan hasil negatif kepada petugas bandara, dan orangtua juga harus mendampingi dan memastikan anak yang dibawa untuk terbang tersebut dalam kondisi sehat.

“Untuk itu, anak usia di bawah 12 tahun dapat kembali menggunakan KRL dan KA Lokal sesuai aturan yang berlaku dalam SE Kemenhub nomor 89. Sementara, untuk anak berusia di bawah lima tahun (balita) aturannya tidak berubah yaitu dapat menggunakan KRL dan KA Lokal hanya untuk keperluan medis yang disertai dengan surat keterangan atau surat rujukan dari fasilitas kesehatan,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, Kamis (21/10/2021).

1. Masih tetap wajib tunjukkan sertifikat vaksin
Kini Anak Berusia di Bawah 12 Tahun Boleh Naik KRL

Sementara itu persyaratan perjalanan untuk kereta perkotaan di dalam satu wilayah aglomerasi masih tetap wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi.

Syarat ini dikecualikan untuk pengguna usia 12 tahun ke bawah yang memang belum masuk usia untuk vaksinasi.

2. Kapasitas KRL masih dibatasi dan tetap ada antrean
Agar Tak Ada Antrean, Bos KAI Usul Kapasitas KRL Ditingkatkan Jadi 100 Orang

Dalam peraturan terbaru, pembatasan kapasitas pengguna KRL Jabodetabek maupun Yogyakarta-Solo masih berlaku yaitu 32 persen. Sedangkan untuk KA lokal, kapasitas yang diizinkan tetap 50 persen.

“Dengan masih berlakunya pembatasan kapasitas, maka KAI Commuter akan tetap melakukan antrean dan penyekatan di stasiun-stasiun terutama saat jam sibuk di mana ada potensi kepadatan,” ujar Anne.

3. Seluruh prokes masih berlaku, balita belum boleh naik KRL
Kini Anak Berusia di Bawah 12 Tahun Boleh Naik KRL

Seluruh protokol kesehatan di stasiun dan KRL juga tetap berlaku. Aturan-aturan tambahan selama masa pandemik ini juga tetap berlaku di KRL dan KA lokal. Antara lain aturan untuk tidak berbicara langsung atau di telepon genggam, hingga lansia, dan pengguna dengan barang bawaan yang besar hanya diizinkan menggunakan KRL pada pukul 10.00 hingga 14.00 atau di luar jam-jam sibuk, serta anak balita sementara belum diizinkan naik KRL.