Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe Kabupaten Gowa

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe Kabupaten Gowa

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe Kabupaten Gowa – Presiden Joko Widodo akan meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa. Peresmian bendungan itu masuk rangkaian kunjungan kerja Jokowi di Sulawesi Selatan.

Jokowi bertolak dari Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia Ia akan melanjutkan perjalanan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ke Gowa menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Presiden Joko “Jokowi” Widodo meresmikan Bendungan Karalloe di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Jokowi menyebut pembangunan bendungan menelan biaya Rp1,27 triliun.

1. Bendungan Karalloe bisa mengairi tujuh ribu hektare lahan pertanian
Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe di Gowa Senilai Rp1,27 Triliun

Jokowi menuturkan bendungan ini tak hanya bermanfaat bagi masyarakat Gowa. Sebab, bendungan juga bisa mengairi tujuh ribu hektare lahan pertanian yang ada di Kabupaten Jeneponto.

Sehingga, ia berharap keberadaan Bendungan Karalloe bisa dimanfaatkan para petani.

“Jadi ini bendungannya ada di Kabupaten Gowa, tapi yang mendapatkan manfaat nanti para petani di Kabupaten Jeneponto. Tujuh ribu, sekali lagi tujuh ribu hektare,” ujar Jokowi.

2. Jokowi harap para petani bisa semakin produktif
Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe di Gowa Senilai Rp1,27 Triliun

Dengan adanya bendungan ini, orang nomor satu di Indonesia ini berharap agar para petani bisa semakin produktif ke depannya. Ia juga berharap para petani semakin sejahtera.

“Petani yang sebelumnya dulu hanya panen padi sekali, palawija sekali, nanti Insya Allah bisa dua kali panen padi dan sekali palawija. Sehingga bisa meningkatkan pendapatan, income kesejahteraan bagi para petani,” ucapnya.

3. Jokowi sebut Bendungan Karalloe bisa kurangi banjir di Jeneponto sekitar 49 persen
Jokowi Resmikan Bendungan Karalloe di Gowa Senilai Rp1,27 Triliun

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan Bendungan Karalloe dapat mengurangi banjir sekitar 49 persen, terutama yang ada di Jeneponto.

“Kita ingat baru saja, tahun 2019, di Jeneponto terjadi banjir besar. Nah ini dengan adanya Bendungan Karalloe ini akan bisa dikurangi 49 persen banjir yang ada,” tutur Jokowi.

Dia menambahkan, bendungan ini juga akan memberikan dampak pemanfaatan air dengan baik. “Ini juga akan juga memberikan dampak yang baik karena airnya di-manage dari Bendungan Karalloe ini dan juga kemanfaatan bagi pembangkit listrik, air baku, yang semuanya nanti diperuntukkan bagi masyarakat,” jelasnya.

Jokowi akan membuka tuas pintu air Bendungan Karalloe sebagai simbol peresmian. Ia juga akan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Bendungan Karalloe.

Setelah itu, Jokowi akan mengunjungi Kabupaten Jeneponto. Dia dijadwalkan melakukan penanaman padi bersama masyarakat sekitar. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto akan mendampingi Jokowi dalam lawatan ke Sulawesi Selatan. Sejumlah pejabat istana juga turut serta, seperti Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.