Presiden Keenam RI Diduga Menderita Penyakit Kanker Prostat

Presiden Keenam RI Diduga Menderita Penyakit Kanker Prostat

Presiden Keenam RI Diduga Menderita Penyakit Kanker Prostat – Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Prof. Dr. Dr. (HC). H. Susilo Bambang Yudhoyono, M.A., GCB., AC. (lahir 9 September 1949) adalah Presiden Indonesia keenam yang menjabat sejak 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014. Ia adalah Presiden pertama di Indonesia yang dipilih melalui jalur pemilihan umum.

Ia, bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, terpilih dalam Pemilu Presiden 2004.[1][2] Ia berhasil melanjutkan pemerintahannya untuk periode kedua dengan kembali memenangkan Pemilu Presiden 2009, kali ini bersama Wakil Presiden Boediono.

Staf Pribadi Presiden keenam RI, Ossy Dermawan, menceritakan kondisi kesehatan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sekarang ini. Menurut dia, Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini diduga menderita kanker prostat.

1. SBY akan menjalani pengobatan di luar negeri
SBY Kena Kanker Prostat, Akan Menjalani Pengobatan di Luar Negeri

Ossy menjelaskan tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk mengobati penyakit yang diderita SBY. Dari hasil kesepakatan, SBY akan menjalani pengobatan di luar negeri.

“Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat,” ucapnya.

Namun, tak disebutkan di negara mana SBY akan menjalani pengobatan.

2. Dokter optimis bisa mengatasi penyakit SBY
SBY Kena Kanker Prostat, Akan Menjalani Pengobatan di Luar Negeri

Ossy menyebutkan komunikasi antara tim dokter Indonesia dan negara sahabat berlangsung dengan baik. Sementara, komunikasi antara dokter luar negeri dengan SBY dilakukan secara daring.

“Ketua tim dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY,” kata dia.

3. SBY masih beraktivitas normal
SBY Kena Kanker Prostat, Akan Menjalani Pengobatan di Luar Negeri

Lebih lanjut, Ossy meminta doa kepada seluruh masyarakat Indonesia agar SBY segera diberikan kesembuhan. Dia juga mengatakan SBY masih beraktivitas seperti biasa. “Perlu kami sampaikan pula bahwa selama ini Bapak SBY tetap menjalankan kegiatan sehari-hari, seperti menunggui klub bola voli Lavani berlatih, melukis, membaca, dan menulis, berolahraga, serta kegiatan-kegiatan lain,” ujar dia.

Sejak era reformasi dimulai, Susilo Bambang Yudhoyono merupakan Presiden Indonesia pertama yang menyelesaikan masa kepresidenan selama 5 tahun dan berhasil terpilih kembali untuk periode kedua. Yudhoyono yang dipanggil “Sus” oleh orangtuanya dan populer dengan panggilan “SBY”, melewatkan sebagian masa kecil dan remajanya di Pacitan. Ia merupakan seorang pensiunan militer. Selama di militer ia lebih dikenal sebagai Bambang Yudhoyono.

Karier militernya terhenti ketika ia diangkat Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada tahun 1999, dan tampil sebagai salah seorang pendiri Partai Demokrat. Pangkat terakhir Susilo Bambang Yudhoyono adalah Jenderal TNI sebelum pensiun pada 25 September 2000.

Pada Pemilu Presiden 2004, keunggulan suaranya dari Presiden Megawati Soekarnoputri membuatnya menjadi presiden pertama yang terpilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat Indonesia. Hal ini dimungkinkan setelah melalui amendemen UUD 1945.