Seekor Beruang Menyerang Seorang Warga Slovakia Hingga Tewas

Seekor Beruang Menyerang Seorang Warga Slovakia Hingga Tewas

Seekor Beruang Menyerang Seorang Warga Slovakia Hingga Tewas – Beberapa spesies beruang, seperti Beruang kutub, Beruang hitam Amerika, beruang Sloth, dan Beruang coklat, berbahaya bagi manusia, terutama di daerah di mana mereka telah menjadi terbiasa dengan orang. Semua beruang itu kuat secara fisik, dan akibat serangannya cenderung mengakibatkan luka berat maupun fatal ketika menyerang seseorang, tetapi untuk sebagian besar dari mereka itu cenderung pemalu, mudah ketakutan dan akan cenderung menghindari manusia.

Cedera yang disebabkan oleh beruang itu jarang terjadi, tetapi sering dilaporkan secara luas. Bahaya yang ditimbulkan beruang sering kali jauh dibesar-besarkan, sebagian karena imajinasi manusia. Namun, ketika induk merasa anaknya terancam, induk beruang akan berperilaku ganas. Dianjurkan untuk memberikan tempat istirahat yang luas kepada semua beruang karena tindakan mereka tak terduga.

Seorang pria ditemukan tewas di tengah hutan Slovakia setelah diduga mendapat serangan dari seekor beruang liar. Dugaan awal ini diketahui melalui Poker77 Indonesia luka robek dan cabikan binatang serta adanya jejak kaki beruang yang tak jauh dari lokasi ditemukannya korban. Serangan beruang pada manusia dilaporkan sangat jarang terjadi di Slovakia, tetapi populasi beruang pada area gunung dan hutan diketahui meningkat dalam beberapa dekade ini.

1. Korban ditemukan di hutan dengan kondisi mengenaskan

Pada hari Senin (14/06/2021) seorang pria ditemukan tewas setelah mendapatkan serangan beruang liar di Lembah Banskô yang berlokasi di wilayah Liptov. Pria berusia 57 tahun tersebut diketahui sedang pergi untuk berjalan kaki di hutan, tetapi setelah itu ia tidak pernah ke kambali ke rumah.

Menurut keterangan dari salah seorang perusahaan perhutani Lesy Slovenske Republiky, Marína Debnárová, pria tersebut ditemukan di tengah hutan yang tak jauh dari Desa Liptovská Lúžna dengan kepala, pinggang dan leher yang tercabik-cabik. Selain itu, terdapat jejak kaki beruang pada lokasi ditemukannya korban, dikutip dari The Slovak Spectator.

2. Hasil otopsi menunjukkan korban diserang beruang
Seorang Warga di Slovakia Tewas Diserang Beruang

Berdasarkan otopsi yang dilakukan Institut Forensik dan Pakar Kesehatan di Fakultas Kesehatan Jessenius memberikan konfirmasi pada Selasa (15/06/2021) bahwa pria tersebut diserang beruang. Ini juga menjadi pertama kalinya serangan beruang berujung kematian seseorang di Slovakia.

Menurut Juru Bicara Kepolisian Žilina, Gabriela Kremeňová mengatakan bahwa, “Menurut otopsi awal melaporkan bahwa korban meningga lantaran menyerah akibat luka yang dikabarkan berasal dari serangan beruang.”

Sementarra itu, Menteri Lingkungan Slovakia juga nantinya DNA beruang akan diambil untuk mengidentifikasi binatang yang membunuh korban. Pada tahun ini diketahui sudah terdapat lima serangan beruang pada warga di tahun lalu, tapi tidak ada yang berujung fatal, dikutip dari laman The Guardian.

3. Pemerintah anjurkan warga berhati-hati saat pergi ke hutan

Dikutip dari Euronews, Menteri Lingkungan Slovakia juga memberikan peringatan bagi warganya untuk berhati-hari ketika berada di hutan, terutama bagi wisatawan serta pendaki gunung. Selama ini, insiden serangan beruang pada manusia dilaporkan sangat jarang terjadi dan binatang tersebut dilindungi oleh hukum di Uni Eropa.

Sementara itu, pihak Lesy Slovenske Republiky justru memberikan arahan agar memperbolehkan beruang untuk diburu secara legal agar mengurangi populasinya di Slovakia. Diketahui populasi beruang coklat di wilayah pegunungan Slovakia meningkat tiga kali lipat dalam dua dekade dan kini populasinya antara 1.200-1.600 ekor.

Potensi konflik antara beruang dengan manusia timbul ketika beruang memasuki area perkebunan lalu menjarah tanaman atau hewan ternak. Masalah-masalah ini mungkin hanya ditimbulkan oleh beberapa ekor beruang saja, tetapi mereka menciptakan suasana konflik untuk semua beruang. Metode Mitigasi dapat digunakan sebagai solusi untuk mengurangi tingkat kerusakan tanaman yang di tanggung, dan mengurangi antipati masyarakat setempat terhadap beruang.