Terjadi Kebakaran Hutan Hebat di Taman Nasional Spanyol

Terjadi Kebakaran Hutan Hebat di Taman Nasional Spanyol

Terjadi Kebakaran Hutan Hebat di Taman Nasional Spanyol – Kebakaran hutan, kebakaran liar, atau kebakaran pedesaan adalah api yang tidak terkendali di daerah memiliki vegetasi yang mudah terbakar dan terjadi di  daerah pedesaan. Bergantung pada jenis vegetasi yang ada, api liar juga dapat diklasifikasikan lebih spesifik sebagai kebakaran semak (di Australia),  kebakaran padang pasir, kebakaran hutan, kebakaran rumput, kebakaran  bukit, kebakaran  gambut, atau kebakaran vegetasi.

Banyak organisasi menganggap kebakaran liar sebagai api yang tidak direncanakan dan tidak diinginkan, sementara kebakaran hutan adalah istilah yang lebih luas. Penyebab umum termasuk petir, kecerobohan manusia, dan pembakaran. Sebuah kebakaran hutan kembali terjadi di wilayah terluar Spanyol, di Kepulauan Canaria, tepatnya berada di Arico, Tenerife.

Peristiwa kebakaran Live22 ini diketahui menjadi yang terbesar di Kepulauan Canaria pada tahun ini dan sudah merusak ribuan hektare area hutan lindung.  Sebelumnya puluhan kebakaran hutan sudah terjadi di Spanyol sejak awal tahun ini yang disebabkan berbagai pemicu baik fenomena alam maupun akibat aktivitas manusia.

1. Kebakaran hanguskan 3.000 hektare area Taman Nasional Teide

Sejak hari Kamis (20/05/2021) kebakaran hutan kembali melanda Spanyol, tetapi kebakaran kali ini terjadi di wilayah otonomi terluar Kepulauan Canaria yang berlokasi di tengah Samudra Atlantik.

Sementara, kebakaran ini terjadi di Pulau Tenerife, tepatnya di daerah Arico yang hanya berjarak 50 km dari pusat administrasi Santa Cruz de Tenerife.

Berdasarkan pengamatan dari satelit Copernicus, kebakaran kali ini mengakibatkan hangusnya 3.000 hektare hutan. Selain itu, keliling area yang terdampak kebakaran mencapai 42 km di Taman Nasional Teide, dilansir dari El Mundo.

2. Ratusan personil sudah dikerahkan untuk memadamkan api
Kebakaran Hutan Terjadi di Taman Nasional Teide, Spanyol

Pemerintah Kepulauan Canaria juga sudah melakukan upaya maksimal untuk memadamkan kobaran api. Sebanyak 200 personil pemadam kebakaran sudah dikerahkan untuk memadamkan api di darat, sedangkan lima helikopter dan tiga pesawat laut sudah diterjunkan untuk menjinakkan api dari udara.

Fokus utama pemadaman berada di jurang Tamadaya yang berlokasi di sebelah barat pulau untuk menghalau api dari area permukiman. Selain itu, meminimalisir dampak pada pusat pelayanan umum dan bagian timur Taman Nasional Teide, dikutip dari EFE.

Pada hari Senin (24/05/2021) pemerintah setempat juga sudah mengumumkan jika kobaran api dapat dikendalikan. Bahkan sebelumnya peringatan darurat yang mencapai level dua, kini sudah diturunkan menjadi level satu, dilansir dari 20Minutos.

3. Kebakaran hutan diduga akibat aktivitas manusia
Kebakaran Hutan Terjadi di Taman Nasional Teide, Spanyol

Dilansir dari Cope, kebakaran hutan di Arico ini masih diselidiki penyebabnya apakah berasal melalui campur tangan manusia atau terjadi karena fenomena alam. Namun Menteri Manajemen Lingkungan Tenerife, Isabel Gracia menduga kebakaran hebat kali ini disebabkan oleh aktivitas manusia.

Garcia juga mengakui, meski api sudah berhasil dikendalikan sejak Senin kemarin, tetapi api sudah merusak ribuan hektare hutan. Bahkan upaya untuk memadamkan api sangatlah keras dan dibutuhkan tenaga ekstra lantaran embusan angin yang cukup kencang dan berakibat membesarnya api.

Kebakaran hutan dapat dikarakterisasi dalam hal penyebab penyalaan, sifat fisiknya, bahan yang mudah terbakar, dan efek cuaca pada api. Kebakaran hutan dapat menyebabkan kerusakan pada harta benda dan kehidupan manusia, meskipun kebakaran hutan yang terjadi secara alami mungkin memiliki efek menguntungkan pada vegetasi asli, hewan, dan ekosistem yang telah berevolusi dengan api.